TETAP KEREN TANPA PLASTIK

·       #SAYAkerentanpaplastik

    Bijak mengelola penggunaan plastik dan Tetap keren tanpa plastik. 
kita mulai dulu dengan :

1. membawa botol tumbler :
pernah gak sih terbayang seberapa banyak botol plastik yang terbuang setiap menit, setiap jam, setiap hari, setiap minggu, setiap bulan bahkan setiap tahunnya? 
Botol plastik merupakan salah satu jenis pengemas yang susah sekali diuraikan oleh tanah. Untuk mengurangi jumlah botol plastik yang terbuang, kita bisa menggunakan atau lebih tepatnya membawa tempat minum sendiri.  Kenapa harus membawa tempat minum sendiri? Karena bagi sebagian orang, gaya hidup ramah lingkungan tidak selalu diawali dengan hal-hal yang besar. Sebuah pepatah popular mengatakan “ big step starts with an inch”. Diawali dari diri sendiri dan memulainya dari kebiasaan yang simple, kedepannya hal tersebut bisa menjadi kebiasaan dan membuat orang lain tertarik sehingga bisa  mengisnpirasi banyak orang.

2.Totebag :



Totebag termasuk dalam kategori tas jinjing. biasa digunakan untuk membawa buku, peralatan maupun penggunaan lain. tote bag bisa digunakan untuk membawa apa saja. Karena sering digunakan untuk beragam keperluan, tote bag biasanya berbahan material yang kuat seperti kanvas, nilon dan kain yang kokoh lainnya. Istilah tote bag sendiri adalah tas yang terbuka. Tote bag bisa berukuran besar, menengah maupun kecil dengan tambahan pegangan pada bagian atasnya. Jenis paling umum bahan tote bag adalah kanvas. Bahan kanvas memang terkenal kuat dan bisa digunakan untuk membawa barang-barang belanjaan serta kebutuhan lainnya.

3. Ecobrick 

Apa sih sebenarnya Ecobrick itu?

Eco” dan “brick” artinya bata ramah lingkungan. Disebut “bata” karena ia dapat menjadi alternatif bagi bata konvensional dalam mendirikan bangunan. Maka dari itu ecobrick biasa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan furniture. Ecobrick adalah botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Eko-batu bata ini adalah teknologi berbasis kolaborasi yang menyediakan solusi limbah padat tanpa biaya untuk individu, rumah tangga, sekolah, dan masyarakat. Juga dikenal sebagai Bottle Brick atau Ecoladrillo. Solusi limbah lokal ini mulai disebut Ecobrickoleh gerakan masyarakat yang berkembang di seluruh dunia.

Apa manfaat Ecobrick?

Dengan ecobrick, sampah-sampah plastik ini akan tersimpan terjaga di dalam botol sehingga tidak perlu dibakar, menggunung, tertimbun dan lain-lain. Teknologi ecobrick memungkinkan kita untuk tidak menjadikan plastik di salah satu industrial recycle system, dengan begitu akan menjauhi biosfer dan menghemat energi. Ecobrick menjaga bahan-bahan plastik tersebut melepaskan CO2 yang pada akhirnya akan menyumbang pemanasan global.


4. tidak menggunakkan sedotan plastik sekali pakai

kita tidak bisa terhindar dari penggunaan plastik sekali pakai.
dimana dan kapanpun kita bisa saja dengan sadar menggunakan pelastik sekali pakai
namun kita harus memastikan plastik itu tidak tercecer agar tidak berakhir di sekolah atau laut.

solusi sederhana:
tentukan titik kumpul limbah plastik pribadi kita, seperti di rumah.
berarti PR kita adalah menjaga agar plastik itu tetap berada dalam tas atau saku kita
kemudian bisa diteruskan menjadi Ecobrick di rumah
atau bisa di lipat rapi dan di simpan agar bisa digunakkan kembali.
ayo kita belajar bijak mengelola penggunaan plastik sekali pakai.
kita mulai dari dirikita dulu-kemudian viruskan ke orang lain

#SAYAkerentanpaplastik
#jangankapokbergerak

Comments

Popular Posts