PAMERAN PERTAMA FOKUS - SENI RUPA BANGKIT

Forum Kreatif Usaha Sama-sama (Fokus) Kota Balikpapan dibentuk pada akhir April 2016 lalu, dinisiasi Abi Ramadan Noor. Beberapa waktu kemudian, diskusi-diskusi kecil antarpenggerak seni di Balikpapan mulai dilakukan, berbalut acara nonformal. Sampai kemudian mengerucut pada keinginan menggelar pameran.

Ini atas pemikiran sebagai sarana silaturami dan pengenalan forum. Pameran pertama akhirnya bisa terlaksana 25 November 2017 di Hotel Royal Suite Balikpapan. Hanya sehari, memang, karena memang acaranya hanya sehari. Judul pamerannya “Seni Rupa Bangkit”.

Saat itu ada 22 pengkarya yang ikut. Namanya juga pameran perdana, setumpuk kesulitan tentu ada. “Kelengkapan untuk pameran, kami pakai barang-barang apa saja yang ada di hotel,” ujar Abi Ramadan Noor, pelukis yang juga Ketua Fokus Kota Balikpapan.

Hal yang menarik, kawan-kawan bisa mengangkat nilai hasil karya. Pameran indoor sesuai dengan apa yang diinginkan, karena kami tidak perlu berpikir tentang cuaca. Pengunjung hotel nampak antusias.

“Mungkin pameran perdana itu dirasa unik bagi para tamu hotel. Mungkin di kota lain itu boleh jadi umum. Tapi itu hal baru di kota Balikpapan . Setelah itu, ada beberapa hotel yang semapt menyatakan ketertarikan untuk menghadirkan acara serupa,” kata Abi.

Banyak pejabat dari kelurahan dan kecamatan yang sempat mampir, dan membeli karya-karya kami. Tempat pameran memang tidak luas, hanya diberi space sekitar 8 meter x 3 meter. Cukup sumpek untuk menaruh karya 22 pengkarya.


Hasil evaluasi dari pameran perdana itu, dari sisi pengkarya, itu modal untuk menggelar acara serupa di hotel, meski semangat serupa diharapkan juga dari pihak hotel.

“Dari pameran pertama, ada beberapa tawaran dari pihak swasta mengajak kerja sama dalam event. Agar dapat memberi warna seni yang mungkin hal menarik di Balikpapan. Akhirnya inilah yang mengantarkan Fokus menuju pameran kedua,” kata Abi.

Kesulitan saat pemeran pertama adalah koordinasi. Karena kami, selain sebagai seniman dan pengkarya, juga menjadi “tukang” pembikin stan, “tukang angkut” sampai ke seluruh  urusan perlengkapan.


“Secara garis besarnya, pameran pertama kami anggap cukup sukses. Hampir semua kawan, ada yang beli karyanya. Kartu nama tersebar banyak, pengunjung antusias. Apa yang kami alami di pameran pertama melebih ekspekstasi. Menyenangkan,” kata Abi.

#jangankapokbergerak  











Baca Juga :

SERUTU VOL 03 - MENGGAMBAR SKETSA, DONGENG, DAN SEKOLAH YANG MEMERDEKAKAN ANAK
DARI CREATIVE ART SPACE FOKUS MENUJU LEMARI SENI BALIKPAPAN
DARI BALIKPAPAN, ART DAY 1 AWALI WUJUDKAN HARI SENI
AKTIVITAS PERTAMA DI LEMARI SENI BALIKPAPAN, DISKUSI SOAL NGE-BLOG
KELAS MENJAHIT SAMANTHA PROJECT-BARAKATI DI LEMARI SENI BALIKPAPAN
PAMERAN KELIMA FOKUS - SEMANGART 45
TENTANG FOKUS KOTA BALIKPAPAN

Comments

Popular Posts