PAMERAN KEDUA FOKUS - POJOK SENI DAN USAHA KREATIF

Hanya berselang dua bulan sejak pameran perdana, Fokus (Forum Kreatif Usaha Sama-sama) Kota Balikpapan menggelar pameran keduanya, berjudul “Pojok Seni dan Usaha Kreatif”, di parkiran Gedung Dome, Balikpapan  5-7 Januari 2018.

Ada 23 stan dari para penggerak seni dan pelaku industri kreatif di Balikpapan, yang berpartisipasi. Termasuk kawan-kawan dari Kutai Kartanegara, yang sejak awal sudah antusias menyambut ajakan dari Fokus.

Abi Ramadan Noor, Ketua Fokus Kota Balikpapan, selaku penggerak acara, mengatakan, Pojok Seni dan Usaha Kreatif tak hanya untuk menghidupkan seni dan budaya. Namun juga membangun silaturahmi antara penggerak dan pelaku seni, dan membangun industri kreatif secara mandiri.

Selama ini, kami merasa minat dan apresiasi publik, khususnya Balikpapan, masih kurang. Jadi kami berusaha menghidupkan dengan cara seperti ini,” begitu dikatakan Abi.

Konsep pameran ini adalah, memanggil mereka yg punya talenta seni, dan kawan-kawan yang punya jiwa relawan untuk terpanggil bergerak bersama. Kota ini perlu lebih banyak sentuhan seni dan budaya.

Pameran seperti ini, menurut Abi, cukup jarang diadakan di Balikpapan. Dalam arti, pameran seni yang berdiri sendiri tanpa stan-stan “kuliner”. Sebelumnya, sering ada acara serupa tapi karya-karya seni, digabung dengan stan-stan kuliner. Imbasnya pengkarya seni—dan karyanya-hanya seakan jadi pelengkap pameran.

Selengkapnya peserta pameran adalah:

101. Abi Ramadan Noor  - perupa
202. Meracik Warna – Citari (ilustrator)
303. Walrina Munangsir (handycraft)
404. Degaharu (ilustrator)
505. Kita (perajin bantal custom)
606. Sabir (drawing)
707. Ipeh (handycraft)
808. Komunitas Crafter Balikpapan
909. Andri Negara (hand lettering-seni)
110. Rudixick (paper craft)
111.     Defa Waluyo (drawing)
112.     Buennauhandmade (perajut/sulam)
113.     Mitra Pratama (perupa mix media)
114.    Ilegaleri  (perupa realis)
115.    d.f_project (grafis)
116.    Rumah Budaya Kutai (RBK)
117.    Kukar Kreatif
118.    Keroan Begasing Kutai (KBK)
119.    Kampung Literasi (taman baca)
210.    Heart & Soul (penerbit buku dan novel indie)
221.    Fatimah Sukmawati (ilustrator)
222.    Sindu Pradana (animator)
223.    Diki (flash art)

Abi misalnya, membawa sejumlah lukisan berkonsep realis dan karya instalasi. Ada miniatur kapal dewa ruci setinggi 70 cm yang berbahan kayu dan tripleks.

Ade Putri, pemilik “Degaharu” membawa karya-karya ilustrator yang dipakai untuk cerita bergambar. Heart and Soul, misalnya adalah penerbit buku dan novel indie satu-satunya di Balikpapan.

Selama tiga hari itu, di lokasi pameran, juga diadakan sejumlah street perfomance dan artclass. Antara lain bertujuan memunculkan kawan-kawan baru yang punya minat seni. Juga ajang silaturahmi antarkota, keakraban, melalui pertunjukan.

Antara lain Komunitas Begasing Kutai (KBK), yang mengenalkan gasing tradisional Kutai. Penggerak literasi dari Samboja yakni “Macan Dahan” juga membawakan karya puisi.

Eri Cuno, dari Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) juga ikut menampilkan musik tradisi Dayak yang akan berkolaborasi dengan teman-teman musik tradisi di Balikpapan.

Lebih jauh Abi menyampaikan, yang menarik, penggerak seni budaya di Kaltim, khususnya Balikpapan, dan Kukar, bisa berkolaborasi dan memimpikan menggelar acara setelah ini yg membawa nama Kalimantan. Untuk menghidupkan seni budaya di industri kreatif,” kata Abi.

Salam Seni dan Budaya. #jangankapokbergerak
@fokuskotabalikpapan


Baca Juga :

LEMARI SENI BALIKPAPAN GALERI SENI SKALA MINI DI KOTA INDUSTRI
DARI CREATIVE ART SPACE FOKUS MENUJU LEMARI SENI BALIKPAPAN
AKTIVITAS PERTAMA DI LEMARI SENI BALIKPAPAN, DISKUSI SOAL NGE-BLOG
DARI BALIKPAPAN, ART DAY 1 AWALI WUJUDKAN HARI SENI
KELAS MENJAHIT SAMANTHA PROJECT-BARAKATI DI LEMARI SENI BALIKPAPAN
FOKUS CREATIVE SPACE ART - GEDUNG KESENIAN SWASTA PEMANTIK PERGERAKAN SENI DI BALIKPAPAN
PAMERAN KEEMPAT FOKUS - PENJAKES MEWARNAI BALIKPAPAN
PAMERAN KELIMA FOKUS - SEMANGART 45
TENTANG FOKUS KOTA BALIKPAPAN

Comments

Popular Posts